3 August 2013

Pulau Pramuka: Mudah, Murah, Indah, Ramah


Pulau Pramuka
Sebagai negara kepulauan, Indonesia punya ribuan pulau besar dan kecil. Syukurnya, pulau-pulau ini banyak yang keren. Pulau Pramuka salah satunya. Letak pulau ini dekat dengan Jakarta. Mungkin karena berada di  tengah-tengah gugusan kepulauan, pulau ini kemudian dijadikan sebagai pusat pemerintahan Kepulauan Seribu sehingga fasilitasnya lebih lengkap dari pulau-pulau lain. Ada tempat beribadah, rumah sakit, penginapan ber-AC, listrik bahkan internet.

Hanya perlu waktu 2,5 jam untuk sampai ke sana dari pelabuhan Muara Angke atau Marina di Ancol pake kapal penumpang bertarif 35 ribu rupiah per orang. Kapal ini cuma beroperasi dua kali sehari, tiap pukul 7 dan pukul 1 siang. Harus rebutan pula. Mau lebih cepat? Ada speedboat dari Marina Ancol dengan tarif 150-400 ribu rupiah per orang yang bisa sampai di pulau Pramuka dalam 90 menit.

Spot-spot yang bisa dikunjungi di pulau ini beragam. Pantainya cakep dan bersih. Pasirnya putih lagi. Air lautnya jernih. Cocok buat yang suka snorkling atau scuba diving

Nyebur yok nyebur
Gugusan terumbu karangnya ga boleh dilewatin. Ekosistem bawah lautnya yang masih terjaga bisa dinikmati dengan menyelam. Biota lautnya bervariasi. Ikan-ikannya banyak. Jadi kalo mau mancing, juga asik. Bisa mancing di dermaga atau nyewa kapal nelayan atau kayak biar bisa dapat spot ikan-ikan gede. 
Bisa mancing pake perahu ini, nih
Kalo  udah cape seharian berkeliling pulau, nikmati aja  sunset dari penginapan.

 
Sunset di Pulau Pramuka
Buat yang suka wisata sekalian peduli lingkungan, ada 3 tempat yang bisa dikunjungi: penangkaran penyu sisik, penangkaran kupu-kupu dan pengembangbiakan mangrove.

Di penangkaran penyu sisik, kita bisa liat penyu sisik yang kerapasnya cakep, mirip sisik. Kita juga bisa megang-megang si anak penyu. Kalo beruntung, kita mungkin bisa ikut ngelepasin si penyu ke laut. 

Penyu Sisik
Kalo di penangkaran kupu-kupu, ya ada kupu-kupulah. Masa komodo. Di sini beberapa jenis kupu-kupu dikembangbiakkan terus dilepas ke taman kupu-kupu. Selain dilepas ke taman, kupu-kupunya juga dijadiin souvenir. Kupu-kupu dibuat jadi opesetan dengan cara diawetkan. Untuk yang satu ini, from deep of my heart, saya kasian.

Nah, kalo pelestarian mangrove, mungkin ada yang udah liat di TV. Di sana ada bapak-bapak yang ngumpulin biji-biji mangrove trus disemai. Hasil semaian ini dijual ke wisatawan yang kemudian menanamnya di area hutan mangrove yang kosong. Harganya kalo ga salah seribu rupiah per pohon. Kalo ke sana, jangan lupa menanam pohon mangrove juga, ya. Pasang hashtag #saveourearth

Pengembangbiakan Mangrove

Kalo soal makanan, dominan sih seafood. Harga terjangkau. 20 ribu rupiah juga udah bisa beli makanan. Jangan lupa untuk nyicip makanan khas pulau Pramuka, sate gepuk. Bahan sate kan biasanya dari daging ayam/sapi/kambing. Nah, sate yang ini dibuat dari daging ikan. Sate ini juga ga pake tusukan tapi pake daun pisang. Harganya kalo yang kecil 10 ribu rupiah dan yang gede 20 ribu rupiah.

Sate Gepuk
Masalah penginapan? Jangan khawatir. Ada banyak penginapan dengan harga mulai 200-900 ribu rupiah. Kalo mau murah, homestay aja. Penduduknya ramah, jadi ga usah takut dijutekin sama pemilik rumah. Bisa juga ajak temen yang banyak, jadi bayar kamarnya patungan.

Penginapan di pinggir pantai dekat dermaga

Nah, apalagi? Poin-poinnya udah lengkap kan? Tempatnya cakep dan strategis, fasilitas lengkap, keamanan terjamin, lingkungan bersih, penduduk ramah, dan biayanya murah. Yuk mari, ke pulau Pramuka rame-rame.


Sumber: Wonderful Indonesia, Bisnis Wisata, Pulau Seribu, Pulau Seribu, Travel Detik, Travel Detik, Antara News


No comments:

Post a Comment