17 December 2011

Ayo ngeblog: Blogger Jutawan

Wow! Ada kontes lagi. Akhir tahun ini memang dipenuhi berbagai kontes menulis. Belum selesai  menulis artikel yang satu, sudah ada info kontes yang lain. Sayapun jadi galau. Blog saya galau. Notebook saya juga galau. :D

Dua bulan terakhir ini, aktivitas blog saya sedang tinggi-tingginya. Biasanya dalam sebulan saya hanya posting sekali  (dasar pemalas!). Sekarang jadi lebih rajin. Semuanya, ya, gara-gara kontes-kontes itu. Ketahuan deh kalau niat saya ngeblog cuma karena hadiah. :D

Dari sini
Cerita-cerita dulu, ya. Awal saya ngeblog dulu, niatnya cuma untuk curhat. Saya yang introvert malu kalau masalah saya diketahui orang lain. Saya tidak sadar kalau lewat blog, curhat saya itu bisa dibaca sama lebih banyak orang. Terrible! Akhirnya setelah sadar, postingan-postingan di pertengahan kebanyakan berisi info atau cerita kehidupan saya sehari-hari yang tidak terlalu emosional. Kesini-sininya, saya baru berfikir untuk mencari uang lewat blog. Saya terinspirasi oleh teman-teman blogger lain yang berpenghasilan dengan menulis di blog. 

Ikut kontes menulis jadi langkah awal untuk mendapat uang lewat blog. Saya ikut aktif dalam berbagai kontes baru-baru ini. Hasilnya, saya belum mendapat uang ataupun menang dalam kontes manapun. Saya tidak menyerah. Saya belum ikut lebih dari sepuluh kontes. Kakek Edison gagal ratusan kali  tapi tidak berhenti membuat lampu sampai akhirnya lampu temuannya jadi. Saya juga harus seperti itu. Terus menulis, terus menulis, terus menulis dan belajar dalam setiap prosesnya.


Selain itu, sekarang saya juga mulai belajar SEO. Saya tahu SEO saat saya ikut kontes menulis semi SEO. Saat tahu kalau  mau blog saya dikenal banyak orang, SEO mesti tinggi, saya berusaha mempelajarinya.  Hasilnya, dalam beberapa minggu ini muka saya lebih sering seperti pakaian belum disetrika. Kusut. Maklum, saya pembelajar audiovisual. Lebih gampang mengerti kalau ada orang yang menjelaskan. Tapi, demi blog ini, saya rela pusing-pusing mengubek-ngubek google dan membaca artikel-artikel yang membahas tentang blog, SEO dan semacamnya.

Kedepannya, saya ingin blog ini menjadi salah satu sumber penghasilan saya. Selain tetap mengikuti kontes-kontes menulis, saya ingin memperkenalkan tulisan-tulisan fiksi saya. Saya ingin blog saya ini menjadi galeri cerpen. Saya memang sudah mulai posting cerpen-cerpen. Baru beberapa sebagai permulaan.

Dari sini
Saya tahu, blog bagus tak hanya dengan bermodalkan SEO tinggi. Harus ada kualitas dalam tulisannya. Untuk itu, saya akan tetap belajar menulis, baik fiksi maupun non-fiksi, untuk mengasah kemampuan saya. Dengan demikian, ketika tulisan saya sudah lebih nyaman untuk dibaca dan orang-orang mulai suka, saya bisa mendapat keuntungan dan bisa menjadi blogger jutawan (wuhuuu~). Saya juga berharap isi blog ini bermanfaat bagi banyak orang. Mudah-mudahan alam berkonspirasi dengan saya untuk merealisasikan mimpi saya ini. Amin.

Buat yang belum punya blog, yuk ngeblog. Kita bukan cuma bisa having fun, dapat banyak teman tapi juga bisa dapat penghasilan. Asik kan? Kapan lagi bisa dapat uang dengan cara fun. Sambil menyelam minum jus gitu loh. :D

Postingan ini diikutsertakan dalam kontes: Ayo Ngeblog: Saya NgeBLOG, Kamu...??!! pada blog duniamuam.

7 comments:

  1. benar...kalo terlalu mengejar SEO, justru akan berbanding terbalik dengan kualitas tulisan
    tapi lagi-lagi itu disesuaikan dengan tujuan bikin blog..
    terus berusaha dan jangan menyerah yah..ehehehe..
    kami catat postingan ini sebagai peserta, terima kasih atas partisipasinya..
    :)

    ReplyDelete
  2. Traffic will come by it self. Ga perlu musingin SEO. kalau emank konten berkualitas, pengunjung pasti dtg.
    Banyak web sampah di inet akhir2 ini. Alhamdulillah blog ini membawa angin segar untuk punya prinsip Writing for people not for search engine ^^
    Keep writing kak

    ReplyDelete
  3. Semoga blog ini ga jadi blog sampah. Amin. Salam kenal, Shirei. :)

    ReplyDelete
  4. wah semangat...jadi pengen jadi jutawan juga..hahaha

    salam kenal :D

    ReplyDelete
  5. Dengan berbagai manfaat positif dari kegiatan blogging, semakin mantap saya menjadikan blogging sebagai kegiatan utama di dunia maya.

    Semoga kita sama-sama menang di kontes ini.

    ReplyDelete