28 November 2010

Belajar Dari Barat

Kalau di TV ada program BELAJAR INDONESIA yang isinya bule-bule belajar budaya Indonesia, disini ada BELAJAR DARI BARAT. Isinya orang Indonesia belajar budayanya para bule. Gantian!

Mungkin, selama ini yang paling kita tahu tentang dunia barat sana adalah tentang budaya bebasnya yang benar-benar lepas. Pergaulan bebas. seks bebas. Negatif. Padahal banyak budaya bagus dinegeri sana yang mesti kita tahu, pelajari dan aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.


Aku punya satu contoh kecil dari hal-hal positif yang ada pada budaya barat. Hal kecil yang pernah aku rasakan ketika bergaul dengan salah satu dari mereka. Hal kecil itu adalah memuji. Orang barat tak segan memuji hal-hal biasa sekalipun. Bahkan, terkadang untuk hal yang didalamnya masih terselip kesalahan. Aku pernah mendengar cerita dari seorang guru yang ikut program di Australia. Katanya, "Saya melihat guru-guru disekolah Australia mengatakan good job untuk pekerjaan siswanya. Pas saya liat, pekerjaan itu sangat biasa. Lalu apanya yang good job!?" Perkataan bapak ini membuatku dan Andi F. Noya yang mewawancarainya malam itu tertawa.

Bapak itu melanjutkan ceritanya, "Itulah mengapa murid-murid disana kritis. Mereka tidak takut menyampaikan pendapat. Mereka tidak cemas berbuat salah karena ketika mereka berbuat salah sekalipun, mereka tetap diapresiasi oleh guru mereka."

Yaa. Itulah kekuatan pujian. Pujian menghilangkan ketakutan untuk berbuat. Menghapus tekanan. Meningkatkan rasa percaya diri. Jadi, apa salahnya memuji. Ketika saudara, teman atau murid kita melakukan sesuatu yang positif, pujilah. Ketika mereka mendapat kemenangan-kemenangan kecil dan biasa, pujilah. Buat mereka merasa senang dan dan merasa didukung sehingga tetap melakukan aktifitas positif itu.  Dengan melakukan ini, kita sudah membantu seseorang membangun kekuatan positif dalam dirinya. Kekuatan positif akan menghasilkan yang positif-positif. Bagaimana kawan-kawan!? Akurrr!? :)

No comments:

Post a Comment