2 November 2010

Rumah Masa Depan

Sudah punya perencanaan rumah masa depan? Aku sudah! Hidupku memang penuh rencana ya?! Katanya Andre Taulany, pemuda memang harus begitu. Yang Muda Yang Berencana. Begitu judul salah satu episode OPERA VAN JAVA. Lalu, seperti apakah perencanaan rumahku itu?? Mungkin belum sebagus konsep yang dibuat anak-anak teknik arsitektur sih. Ini cuma perencanaan awal yang dimasa depan, beberapa dari rencana ini bisa berubah, baik struktur, jumlah, desain tapi diusahakan tidak untuk bahan.

Well, nantinya aku ingin punya wood house atau rumah dari kayu yang warnanya seperti template blog yang aku gunakan sekarang. Agak susak memang, mengingat makin berkurangnya jumlah kayu yang bisa ditebang. Good job buat pemerintah telah berusaha mengurangi ilegal logging. Konsep yang diambil untukdesain exterior rumah kayu ini adalah konsep rumah adat Dayak dan Melayu. Untuk desain interior, gabungan konsep rumah-rumah di Inggris, Jepang dan the Lord of the Rings.  Bakal ramai bentuk rumahku nanti. 

Kalau tidak bisa punya rumah kayu, aku ingin punya rumah bata saja. Bata merah. Konsep untuk desain eksteriornya diadopsi dari rumah-rumah pedesaan Inggris. Desain interior ditambah dengan nuansa Dayak dan Melayu.

Rumah masa depan ini akan berisi 4 atau 5 kamar tidur agar cukup menampung keluarga besar saat berkumpul. Satu perpustakaan, satu musholla kecil, satu ruang tamu, satu ruang keluarga, dua toilet dan/atau kamar mandi, dapur basah, dapur kering yang digunakan juga untuk dining room. Dibelakang rumah ada kolam ikan, kandang ayam dan kebun sayur. Disamping rumah akan dibuat taman bunga dan taman bermain, juga kebun tanaman obat. Sementara itu, pohon buah-buahan menyebar disekitar rumah. Pohon mangga, jambu, langsat dan tidak lupa ada pohon melinjo agar ke-Jawa-anku tergambarkan juga.

Desain interior kamar tidur belum difikirkan. Karena ini akan jadi milik berdua, mesti didiskusikan dulu dengan my beloved husband nantinya. yahaha! Nikmat benar bermimpi ya! Konsep rumah hobbit di the Lord of the Rings akan dipakai untuk perpustakaan. Pintu bulat dan dek bulat. Ruangan tetap segiempat untuk pemaksimalan fungsi. Musholla, masih belum kefikiran. Mungkin akan meniru konsep masjid. Cari masjid bagus dulu yang bisa ditiru desainnya. Ruang tamu dan ruang keluarga juga belum dapat rancangannya. Toilet dan kamar mandi menggunakan ubin bermotif hutan, rencananya hutan bambu. Untuk bagian dapur, meskipun rumah utama menggunakan bata, aku tetap ingin dapurku berbahan kayu. Rencananya, dapurku berdinding papan, berlantai bambu, deknya juga bambu dengan jendela kayu besar. Aku juga ingin, tiang-tiang penyangga dapur ini diambil dari kayu-kayu bulat. Biar terasa banget tradisionalnya!!

Itu dulu dah kayanya. Perencanaan untuk taman bermain dan lain-lain aku tambahkan nanti saja. Makan dulu!! Lapar!!

No comments:

Post a Comment