23 October 2010

Adi dan Jawaban Tes

Ini tentang adik bungsuku, Adi namanya, anak kelas 2 SD. Ceritanya, tadi dapat laporan hasil ulangan Adi dari Dudush. IPS - 60,  PPKN - 70, AGAMA - 80, IPA - 80, MATEMATIKA - 90, BAHASA INDONESIA - 90. Lumayanlah. Kalau dilihat dari nilai-nilainya sih, digadang-gadang bakal masuk IPA nih.  Tapi, lihatlah dulu bagaimana adik bungsuku ini menjawab soal ulangannya.

IPA

Soal - Daun pisang berwarna ..............
Adi menjawab - KUNING!! 

BAHASA INDONESIA
Soal - Anak yang tidak sombong banyak ............
Adi menjawab - MUSUH

PPKN
Soal - Jika temanmu sakit, tindakanmu adalah ............
Adi menjawab - MENDIAMKANNYA

Soal - Suka menolong orang lain adalah perbuatan..............
Adi menjawab - TERCELA

Aku mencoba menganalis karakter adik bungsuku ini dilihat dari jawaban-jawaban tesnya. Inilah hasilnya:
  1. Adi adalah anak yang jauh melihat masa depan. Bisa dilihat dari jawaban pada tes IPA-nya. Ketika ditanya apa warna daun pisang, Adi menjawab kuning. Ia tidak menjawab hijau, warna daun pisang yang masih muda dan segar, tapi menjawab kuning, warna daun pisang yang sudah tua dan layu. Ia melompati fase masa muda si daun pisang dan melompat jauh kemasa depan ketika si daun pisang telah tua.
  2. Adi adalah anak yang tidak suka meniru. Lihatlah jawaban pada tes Bahasa Indonesianya. Menurut Adi, orang yang suka menolong biasanya "punya banyak musuh" bukan "punya banyak teman".Adi tidak mau meniru teman-temannya yang rata-rata menjawab "punya banyak teman".
  3. Adi adalah anak yang jujur. Cobalah fikir kawan, betapa jujur adik bungsuku ini. Biasanya, orang-orang akan memilih apa yang "seharusnya" dilakukan ketika menjawab tes-tes PPKN. Tapi Adi memilih apa yang "memang ia lakukan". Ketika temannya sakit, Adi memang mendiamkannya. Jujur bukan??
  4. Adi adalah anak yang polos. Belum tahu apa-apa. Dia bahkan tidak mengerti arti "TERCELA". Makanya dia bilang suka menolong adalah perbuatan tercela.
Ahh.
Betapa bangganya aku membaca hasil analisaku ini. Adikk bungsuku memang super. Akan selalu ada karakter-karakter super dalam dirinya. Aku membayangkan, belasan tahun yang akan datang, dia akan mencetuskan teori "Manusia adalah hasil evolusi dari serangga"!! Karakter "kritis" dan "pemikir" telah muncul.

    No comments:

    Post a Comment