23 January 2012

Diet Kantong Plastik Yuk

Gara-gara ikut seminar Kanker Serviks, saya dapat goodie bag. Lumayan buat ganti kantong kain warna pink yang biasanya saya pakai kalau malas bawa tas. Gara-gara goodie bag baru ini, akhirnya rencana saya untuk diet kantong plastik terlaksana juga. Si kantong kain pink siap nyempil dalam jok motor. Siap dipakai kalau saya beli sayur di pasar karena dari hasil pengamatan saya (cailah), sampah kantong plastik paling banyak ya dari pasar ini.

Dari sini

Saya kenal istilah diet kantong plastik dari Greenerationid. Diet kantong plastik ini maksudnya kita mengurangi pemakaian kantong plastik biar sampah kantong plastik juga berkurang. Salah satu caranya ya seperti yang mau saya praktikkan sebentar lagi. Taruh belanjaan dalam tempat khusus dan menolak kantong plastik pas belanja terutama belanja di pasar sayur karena kantong plastik yang kita dapat dari sana biasanya sudah kotor atau basah. Kita jadi ogah mau nyimpan. Kita buang, jadi sampah deh.

Dari sini

Kita juga bisa diet kantong plastik dengan menyimpan kantong-kantong plastik bekas belanja. Kalau dapat kantong plastik kotor atau basah dari pasar, kantong plastiknya kita cuci dulu, baru disimpan. Kalau saya sih malas dengan cuci-cucian begitu. Makanya saya pilih punya tempat khusus saja. Muehehe.

Dari sini

Produk-produk makanan, minuman dan lain-lain juga menyumbang banyak sampah kantong plastik. Bungkus permen, bungkus snack, mie instan, plastik pembungkus buku, etc sudah tidak bisa kita pakai lagi. Yang beginian mesti masuk tempat sampah. Jangan buang sembarangan karena merusak tanah atau area di manapun kita membuangnya. Lebih bagus lagi kalau kita masukkan ke dalam tempat sampah khusus plastik. Siapa tahu ada orang-orang kreatif yang bisa memanfaatkan sampah ini. Bisa disumbangkan ke mereka.

Dari sini

Mungkin ada yang nanya kenapa harus pusing-pusing mikirin sampah kantong plastik. Kalau saya sih alasannya karena malas melihat sampah kantong plastik teronggok di mana-mana. Kotor dan semrawutnya lama karena sampah ini sulit terurai. Beritanya kantong plastik akan terurai habis dalam waktu 1000 tahun! Wah, kalau terus-terusan nyampah, artinya kita menabung sampah untuk anak cucu kita dong?! Olalaa...

Dari sini























































Makanya, diet kantong plastik yuk...

No comments:

Post a Comment