4 January 2012

Resolusi Juara 2012: Gudang Cerita



Memperbaiki niat memang menjadi fokus resolusi saya di tahun 2012. Tapi, apakah dengan niat semuanya menjadi cukup? Tentu tidak. Saya juga harus memperbaiki usaha saya.  Artikel ini bisa dibilang sambungan dari artikel awal tahun saya tersebut karena akan membahas apa yang akan saya lakukan untuk 2012 ini, terutama yang realisasinya mesti dibantu internet.

Pada postingan sebelumnya, saya juga pernah bilang kalau saya mau jadi blogger jutawan, tak hanya sekedar menulis tapi juga menghasilkan uang.  Titik pusatnya tentu bukan pada uang, tapi lebih pada menulis dan berbagi. Ingat kan, saya harus meluruskan niat. Hehe.  Karena itulah saya ingin Gudang Cerita yang sudah saya bangun bisa berguna bagi semua.

Apalagi Gudang Cerita  itu? Ah ya, ini blog lain saya yang sudah hiatus hampir setahun, kosong melompong penuh debu. Awal tahun kemarin saya renovasi dan saya jadikan Gudang Cerita. Gudang ini akan saya isi dengan cerita-cerita rakyat dalam dan luar negeri beserta cerita-cerita hasil karya saya ditambah review tentang buku-buku yang sudah saya baca. Cerita-cerita rakyat itu sendiri akan saya tulis ulang. Jadi jangan khawatir. Tak akan ada copy paste.

Tujuan saya membuat blog ini adalah untuk melestarikan cerita-cerita rakyat dari seluruh Indonesia. Dengan menyebarluaskannya lewat internet, saya berharap cerita-cerita rakyat ini tak hilang dimakan waktu. Tak hanya cerita rakyat yang sudah ada dalam bentuk tulisan, saya juga ingin menulis cerita rakyat yang masih berbentuk lisan karena cerita seperti ini lebih mudah punah. Untuk jenis cerita ini, saya akan lebih fokus pada KEHANA yang ada dalam masyarakat di kampung saya.

Selain itu, lewat Gudang Cerita, saya ingin mengenalkan cerita rakyat asing kepada pembaca Indonesia. Masih banyak cerita rakyat asing yang belum kita kenal karena kebanyakan folklore ditulis dalam bahasa Inggris. Untuk memudahkan, saya kumpulkan terjemahan folklore tersebut di Gudang Cerita saya. Saya berharap, cerita-cerita ini memperkaya pengetahuan kita akan cerita rakyat dari seluruh dunia.

Resolusi kedua, ini akan dilakukan setelah proyek Gudang Cerita saya berjalan lancar, adalah menerjemahkan cerita-cerita rakyat dari Indonesia yang ada dalam Gudang Cerita ke dalam bahasa Inggris. Tujuan saya adalah agar cerita-cerita rakyat dari negeri kita dikenal oleh orang-orang asing seperti kita mengenal cerita dari negeri mereka.

Ah, saya berharap kedua resolusi itu berjalan sebagaimana rencana saya dan untuk itu saya perlu dukungan internet.  Tanpa internet, saya kan tak akan bisa posting tulisan di blog. Jangankan posting, buka blog saja tak bisa. :D. Semoga saja, koneksi internet makin hari makin baik. Amin. Sehingga saya bisa dapat uang banyak. Amin. (Hei, ingat niat!) Oh iya, kalaupun tak menghasilkan uang, saya tetap menumpuk cerita di gudang saya karena saya mau berbagi dan cerita rakyat tetap lestari. Semoga niat saya tetap lurus. Amin. Dan semoga saya menang kontes ini. Amin. Hahaha. Udah ah. Ciao.

No comments:

Post a Comment