16 January 2012

Sariawan O Sariawan

Sariawan memang mengganggu. Makan ga nyaman, minum ga enak, senyumpun ga ikhlas. Sakit. Sakit mulut plus sakit hati. Makanan enak tapi di mulut kita jadi ga enak. Sakit hati kan? Hehe. Sariawan juga bisa buat wajah makin tirus gara-gara ga bisa makan. Seperti saya. #curhat

Dari pengalaman saya, ada beberapa penyebab sariawan. Sariawan bisa menyerang karena kekurangan vitamin C, mulut kurang bersih, makan makanan terlalu pedas atau terlalu asam, stres, kurang minum air dan terlalu semangat menggosok gigi. Biasanya sih kita menganggap sariawan ini penyakit biasa. Tapi hati-hati kalo sariawan keukeuh nongkrong di mulut kita  lebih dari dua minggu. Bisa jadi kanker mulut.

Saya sering sariawan. Sering parah sampai ga bisa ngomong. T.T. Biasanya saya minum larutan penyegar atau Ad*m S*ri. Sembuhnya lama. Karena itu, saya bantu dengan cara lain. Ini daftar cara yang pernah saya coba dan terbukti manjur untuk mengobati sariawan.
  1. Makan jambu biji merah. Buah ini memang banyak vitamin C-nya. Bagus untuk yang kekurangan vitamin C. Bisa dimakan langsung atau dijus. Pengalaman saya sih, lebih cepat sembuh kalo dimakan langsung. Padahal vitaminnya lebih cepat diserap tubuh dalam bentuk cair ya? Saya kan aneh. :D
  2. Oleskan pasta gigi ke sariawan. Pengalaman saya nih, sariawannya ga sakit lagi. Lukanya juga cepat kering.
  3. Minum air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
  4. Tidak makan pedas, panas dan asam saat sariwan menyerang.
  5. Makan tomat. Tomat kan banyak vitamin C juga.
 Itu cara yang saya pakai untuk mengobati sariawan. Kalo kamu?

2 comments:

  1. wah saya sariawan lebih sering karena kegigit gigi sendiri...parah -,-"

    ya itu pake larutan penyegar biasanya...:D

    ReplyDelete
  2. :D
    Saya juga kadang-kadang karena itu. Penyebab yang agak absurd -> terlalu semangat menggosok gigi. -_-

    ReplyDelete